The Memory of My GrandMa…

Sabtu, 04 Juni 2011

nenek



Assalamualaikum…

Padahal gak berapa lama malam tadi saya nulis soal nenek saya. Setelah selesai dan mematikan komputer. Saya tiba2 dapet sms. Entah kenapa, sekarang tiap buka sms dari sepupu atau ibu saya, juju raja, saya pasti parno. Takut kalo2 itu berita paling buruk.

Dan sekitar jam setengah 12 malam itu. Saya dapet sms dari ibu dan sepupu saya.

Dan… dua2nya mengabarkan kalao nenek saya meninggal….

Nenek meninggal tanggal 3 Juni 2011, hari Jum’at, 20:30wib





Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un.

Sesungguhnya segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali padaNya.



Gak ada kata2… semuanya saya ikhlaskan kepadaNYa. Dialah Yang Maha Tau mana yang terbaik. Mungkin nenek akan lebih baiknya seperti itu. Walaupun kami semua pasti berat melepas beliau.



Yang ada dipikaran saya Cuma flashback saat kami semua berada bersama nenek. Sekarang lengkap sudah, saya gak punya nenek dan kakek lagi. Entah itu dari ayah atau dari ibu.

Waktu ada nenek, setiap lebaran, ritual kunonya adalah first destination pasti kerumah nenek. Kalo abis dari rumah nenek pasti baru ketemu saudara2 yang lain.

Tiap lebaran, nenek hampir gak pernah absen ngasih kami CUMI, Cucung Nenek Umi (begitu kami menyebut untuk cucu2 dari nenek. Soalnya nama nenek itu Oemi) THR. Walaupun itu Cuma rp.10.000,-. Tapi tetep aja, kami semua pasti seneng nerimanya *ya iyalah dikasih duit… :D

Kalo salah satu dari kami ada yang belum kebagian, pasti yang lain iri. Padahal Cuma 10.000. itu seperti sebuah keharusan.

Sepupu saya, yang rumahnya disebelah rumah nenek juga suka cerita. Kalo dia agi gak ada uang, dia suka banget minta sama nenek. Haha. Padahal uangnya buat beli jaket. Tapi dikasih sama nenek.

Nenek juag suka banget makan. Dalam sehari, bisa sampe 3x lebih makan. Kita semua kadang suka sampe heran. Tapi itu jadi satu cerita yang unik dari nenek kami.

Tapi.. kalo udah puasa, saya aja sampe kalah. Puasa sunah senin kamis, puasa sunah 13, 14, 15 juga. Dan sunah2 yang lain. Nenek seperti gak mau ketinggalan kalao ada puasa sunah lainnya. Selalu bertanya. Missal sekarang hari rabu, trus tiba2 nanya ke saya “cung, skrg hari apa?” saya jawab ‘hari rabu”. Pasti nenek bilangnya gini “berati besok puasa dak cung”. Selalu… nanti gak ada satu jam nenek pasti nanya lagi dengan pertanyaan yang sama. Nenek seolah gak mau lupa. Mungkin beliau sadar akan umur dan penyakit pikunnya.

Nenek tuh kuat… kuat banget! Masih kuat jalan, kuat puasa. Padahal umurnya udah hampir 80an.

Nenek tuh juga suka jalan. Kalo kita semua (saudara2) pada jalan, pasti nenek juga mau ikut. Tapi ikutnya kalo naek mobil doank. That’s my grandma…

Disebelah rumah nenek tuh ada rumah bucik sama bunga. Tapi kalo main kerumah bunga, tetep aja kalo ditanya kemana, pasti saya ato kakak saya bilangnya kerumah nenek.



Karna rumah ibu agak jauh dari rumah nenek, kadang kalo ibu ada masak banyak, pasti nyuruh saya ato kakak saya ngater makanan itu kerumah nenek. (dan saya pastiakan merindukan saat saya ngater makanan itu nek…)

Ato kalo nenek puasa, pasti nganter buat buka puasa nenek…



Sekarang saya Cuma bisa nangis sendirian inget nenek.

Kasian banget saya, sendiri disini. Semua sepupu saya disana. Kalo saya gak training.. ahhhhh….

Tapi saya tetep berdoa buat nenek…



Selamat jalan nek. Kami semua, merindukanmu. Rindu semuanya tentangmu.

Semoga Allah menempatkan beliau disurga-Nya … aminnn


0 komentar:

 

Copyright © 2009 Grunge Girl Blogger Template Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada